REVIEW MV EXO "SING FOR YOU" | CERITA DI BALIK MV SING FOR YOU BY EXO



Annyoeng chingu...
Okelah akli ini aku bakal share tetang cerita di balik MV EXO “SING FOR YOU” kenapa aku share artikel ini karna emang gua sekarang tertarik banget sama review video music nih akhir-akhir ini gegra awalnya itu suka MV nya BTS dan sekarang gua mau shrae tetang EXO dong secra guajuga EXO-L gitu kan, ya walau udah di bat kecewa dengan gugurnya para member EXO (dah kayak pahlawan aja kan sampe gugur-gugur).

Okelah langsung aja ya, tapi artikel kali ini kebanyakan hasil dari  pikiranku sendiri a guees hehe biasanya kan aku megutip kan ya tapi kali ini aku ketik sendiri dng bahasa ku sendiri jadi maaaf aja ya kalau gak jelas.  Tapi masih ada sih kutipin dari sebuah artikel tapi ini beda ya authorya dri yang waktu itu, mungkin gua bakal lebih memberi warna agar lebih menarik gitu hehe.
Jalan cerita menurut versi gue (author yg gua temui) yang baru pertama nonton :
Suatu hari di luar galaxy bima sakti, hiduplah para alien yang tampannya kurang manusiawi. Di planet EXO dengan musim salju yang akan mampu menelan setiap warna yang pernah ada menjadi hanya hitam dan putih saja. Mereka hidup bahagia bersama. Bernyanyi, hura-hura, bermain-main, minum bareng sambil ketawa ketiwi. Sampai sebuah ruang kesendirian dari memori mereka menyeruak ke permukaan. Kesedihan, konflik, rasa putus asa, kesendirian, kehilangan, menyelubungi hati dan perasaan mereka. Sampai akhirnya roh penghuni pohon kehidupan yang menjadi pondasi kehidupan di EXO planet, memunculkan dirinya. Pohon kehidupan yang awalnya sekarat dan semakin memburuk keadaannya itu terlihat akan segera mati. Namun dengan sisa kebahagiaan atas kebersamaan para alien penjaga pohon kehidupan itu. Sang penghuni pohon kehidupan, yang berupa paus raksasa. Bangkit mengembalikan kebahagiaan yang sempat hilang.

EXO SFY 2
Gua sih setuuju dengan pemikiran eooni , gua gak tau harus bilang gimana ya author author yang ada di google nih emang kerenn-keren kok ya (kecuali gua) *haha. Emm bukan deng emng sebagai fans bener bener fans yak selain memahmi para member eh memahami seisi  videonya juga haha.awalnya gua gak perah loh mikir begitu ternyata banyak ya yang membahasa apa itu isi dari MV . dan sekarag muali belajar lah jadi author yang keren semoga aja bisa deh hahay.

Next ...
Diawalnya mereka happy – happy ketawa bareng rame-rame. Kemudian kemunculan Kai yang galau abis, menjadi permulaan kesendirian-kesendirian dan kegalauan lain. Perpaduan dua peristiwa dimanamix/mashup dari perkelahian penuh keputusasaan antara Chanyeol Suho dan gerakan dancenya Kai. Itu matching banget. Kemudian puncaknya sebenarnya adalah, saat Chanyeol berhasil menenangkan Suho. Dari lagu dan jalan cerita mv nya match, karena saya sempat mikir akan berakhir di sini, tapi ternyata musik mulai lagi, dan paus kebahagiaan datang. (kutipan dari author sebelah)
Dan gua jeda dulu ya deh ya awalnya gua liat video ini ya biasa aja karana yang tampak hanya saljut, tapi keanehan mulai muncul ketika ada sesuatu putih-putih berterbangan apakah itu? (kalau di indo bisa-bisa di kira kuntilanak kalik ya haha) tapi setelah di lihat detail dan semakin di shoot medekat ternytaa muncul lah wajah gateng yehet... hihi sehun....

cats.jpg

Next...
Ternayta keanehan belum juga brakhir, munculah segerombolah cogan (wedeee) yang lagi bahagia sepertinya , terlihat jelas merekata tertawa bersama tapii yang anaeh adalah saat di shoot mendekat mereka seakan-akan sendang dalam perjalanan diperjelasin lagi dengan adegan baekhyun nongol keluar jendela mobil seakan-akan menikmati angin yag bertiup. Padahalkan tuh mobil diem aje tuh kan aneh, ditambah lagi D.O terlihat sedang menyupir hadehh plleas deh oppa.

Dan setelh itu mereka masih terlihat bahagia dari main basket sampe minum bareng mereka masih bahagia tapi setelah kemunculan kai yang begitu galau disitulah awal dimana semua berubah...
Perpaduan dua peristiwa dimanamix/mashup dari perkelahian penuh keputusasaan antara Chanyeol Suho dan gerakan dancenya Kai. Itu matching banget. Kemudian puncaknya sebenarnya adalah, saat Chanyeol berhasil menenangkan Suho. Dari lagu dan jalan cerita mv nya match, karena saya sempat mikir akan berakhir di sini, tapi ternyata musik mulai lagi, dan paus kebahagiaan datang.
Yang bikin gemes adalah kemunculan sang paus raksasa, itu ganjil, aneh dan rada membingungkan. Tapi setelah kemunculan paus itu, seolah kebahagiaan kembali hadir. Mungkin dia emang paus kebahagiaan. Meski gue masih masih dan masih nggak habis pikir ide keren apa yang mendasari kemunculan paus ini. Setelah paus ini datang, member yang hilang meninggalkan kesendirian itu kembali lagi dan mereka kembali ceria.
Eh kemudian gue menyadari. Kalo kedatangan paus itu ternyata nggak berapa lama setelah Suho lenyap dari hadapan Chanyeol yang lagi bertekuk lutut sama Suho sebelum akhirnya Suhonya lenyap. Dan kemudian bola basket Xiumin terbang dan mungkin dengan kekuatan telekinetiksnya sang mantan-Luhan-, sampailah bola itu ke tangan Kai. Dan nggak lama, paus raksasa menerjang hujan salju sepertinya dia mengejar bola yang tadi. Mungkinkah paus ini adalah paus sirkus? Dan mungkinkah paus ini sebenarnya adalah jelmaan dari Suho yang sempet ilang tadi? Karena di akhir, setelah paus itu keliatannya berkomunikasi secara misterius dengan astronot abal macam Sehun yang sok keren ngambang sendirian di antariksa. Suho kembali datang ke samping Chanyeol. Padahal tadi sempet lenyap.
Mungkin, tadinya Suho sempet di larang Chanyeol buat menjelma menjadi paus antariksa jadi-jadian lagi. Sampe mereka berantem gitu. Akhirnya Suho ngalah, tapi dia bohong. Setelah Chanyeol lengah dalam lelah. Suho dengan bantuan teleport Kai dan telekinetik sang mantan-Luhan- serta kemampuan merubah benda nya Gopal temen Boboiboy yang gendut itu. Suho bisa lenyap dan kemudian menjelma menjadi paus jadi-jadian lagi. Untuk kemudian menemui Sehun entah ngapain gue nggak ada ide. Hhhh
EXO SFY 3
Daaann…
Yang bikin sebel, ukuran videonya itu, potongan(?) framenya pelit banget. Kayak nonton pilm donlotan aja. Meski seluruh video nya dibuat hitam putih, ini justru keren. Mungkin emang monokrom lagi in ya di seluruh dunia. Selain itu, hitam putih ini makin memperkuat feel melo dan mendukung lagu yang genrenya emang ballad.
EXO SFY 4
Ini ekspresinya apa banget~ :D

Kalo dari lagu, menceritakan tentang ‘Seseorang yang merasa susah untuk mengungkapkan rasa sayangnya pada orang yang dia sayangi. Dan memilih untuk mengungkapkannya lewat sebuah lagu yang akan dia nyanyikan untuk orang yang dicintai itu.’ Dan gue tiba-tiba inget peran Moon Gayoung di EXO Next Door. Kalo dari sebuah tulisan yang sempet gue baca, memberi ulasan tentang jalan cerita di versi MV nya. ‘Bahwa EXO ini seperti mengenang masa lalu, tentang bagaimana mereka tertawa bersama-sama dan menyesali pertengkaran dengan sesama teman. Dikatakan juga, meski jalan cerita MV tidak sepenuhnya match dengan lirik lagu. Tapi mungkin ini adalah pengingat, bahwa seharusnya kita punya keberanian untuk segera mengungkapkan perasaan kita pada orang yang kita sayangi sebelum terlambat.’ Dan gue setuju dengan pendapat tersebut. Menurut gue masuk akal juga.
Dan kemudian gue nonton lagi MV nya. Liat perkelahian Chanyeol dan Suho, yang Chanyeol sempet nahan Suho untuk pergi. Sepertinya itu mewakili dulu waktu beberapa member mereka mau keluar dari EXO. Gue emang nggak tau apa mereka sempet pukul memukul gitu. Tapi yang jelas, pastinya mereka ada konflik di sana waktu itu. Dan mungkin sebagai harapan, meski akhirnya yang dicegah tetep pergi dulu, mereka akan kembali lagi pada akhirnya. Meski mereka terluka dan sakit, tapi akhirnya mereka akan kembali bahagia bersama. Kalo nonton MV di bagian berantemnya Chanyeol Suho emang bikin baper. Dan semoga mereka beneran bisa kembali bersama atau apapun lah asal mereka bahagia dan nggak sampe bubar. Gue nggak sanggup. Naudzubila~
EXO SFY 5
Dari adegan berantem ini, gue inget Suho Chanyeol dalam obrolan yang suasananya, kerasa nggak enak.
Keliatan banget di sini, gimana ekspresi Chanyeol kayak yang “nggak pengen liat muka lo, eneg banget gue. lu ngapain sih di sini”. Suho bahkan udah berkali-kali berusaha bikin eye contact, tapi Chanyeol kayak yang males banget ketemu Suho, berusaha menghindari eye contact banget. Selain ekspresi wajah, Chanyeol juga tanpa sadar melakukan tale, dengan gesture menarik tali yang ada di bantal. Yang menandakan ketidak tertarikan pada keadaan dan menyembunyikan suasana hatinya yang sebenarnya.
EXO SFY 6
Dan lu liat juga waktu awal Suho datang, bahkan yang dia bilang “Kenapa kau di sini?” dan jawaban Suho pun, bukan yang menyenangkan. Dari awal kedatangan Suho pun keliatan banget betapa nggakwelcome nya Chanyeol. Beda banget dengan yang SeChan, sejak keliatan batang hidungnya Sehun, dia udah senyum-senyum.
Sejak dari nonton video ini, gue merasa emang ada masalah beneran di antara Chanyeol Suho. Dan mungkin juga, permasalahan antara mereka dalam dunia nyata ini juga yang menjadi ide cerita di MV ini, kenapa yang dipilih untuk berantem Suho dan Chanyeol.
Jadi gue rasa, emang jalan cerita di MV ini menggambarkan kehidupan EXO di depan dan di balik layar.
EXO SFY 7
Emang sih, Sing For You ini nggak ada natal-natal nya kayak Album winter yang Miracles In December. Mungkin karena SM sudah ngeluarin album winter yang natal banget lewat Girl’s Generation – TTS. Tapi tetep yha, album winter EXO banyak ballad ballad nya. Dan album kali ini juga lagunya enak di denger waktu winter. Akustik ballad nya itu menenangkan hati, warm tapi ngademin dan damai. Emosional tapi damai, juga menurut gue nggak bikin ilang semangat. Semangat ngerjakan Tugas Akhir kalo buat saya mah. Heuhaha
Meski gitu, gue merasa Sing For You ini lebih bagus dan ngena daripada Miracle In December. Ballad tapi nggak se galau Miracle In December. Lagunya melo mendayu, tapi nggak se drama Miracle In December. Lagu ini lebih seperti mengajarkan tentang hidup, bukan cuma roman picisan. Meski nggak ngerti liriknya, gue yakin akan banyak orang suka dengan lagu ini terutama sambil nonton MV nya. Karena emang jalan cerita MV dan melodi serta lirik dan lagunya itu satu kesatuan yang komplit mengaduk-aduk perasaan.
EXO SFY 8
Setelah segala ke-keren-nan yang ada dari cerita lirik lagu dan MV yang kece, manusianya yang kece, suara vokal yang aduhai, musik yang nggak neko-neko tapi tetep menyentuh. Satu ganjalan aneh yang begitu ganjil buat gue adalah astronot dan terutama paus nya itu. Kalo astronot okelah, gue rasa itu cukup wajar. Karena EXO emang identik dengan luar angkasa yang emang konsepnya mereka datang dari unknown planet, selain itu juga mereka akhir-akhir ini bekerja sama dengan mengisi soundtrack film Star Wars pula dan lagunya pun bernuansa luar angkasa-dilihat dari cover juga keliatan-. Tapi paus? Bener-bener gue masih lagi-lagi nggak habis pikir. Siapapun yang tau fakta entah apapun yang mendasari ide pembuatan MV untuk memunculkan paus ini, tolong kasih tau gue. Apalagi paus nya juga di jadiin cover, bareng astronotnya. Apa paus ini begitu istimewa.
Gue sempet mikir, apa mungkin astronot dan paus ini awalnya dibuat di cover dulu, terus mereka baru garap MV tapi nggak dapet ide untuk menyambungkan paus dan astronotnya dengan cerita lirik lagunya. Trus ya di gabungin gitu aja. Atau mereke membawa pesan khusus dengan adanya paus ini. Mungkin seperti pesan untuk melestarikan paus, atau bahkan Sehun punya ide gila untuk menernak paus di luar angkasa. Mehehe~ sorry hun.
EXO SFY 9
Gue liat komentar-komentar orang-orang dan fan mulai dari di Youtube, Timeline Sosmed dll. Kebanyakan mereka juga keheranan dengan kemunculan paus raksasa ini. Apa artinya? Apa’an nih paus? WTF with this whale? What is that whale? Dll.
Tapi kemudian, setelah gue riset sedikit soal paus terutama yang dalam MV ini, ternyata emang astronot dan paus ini saling berhubungan dan ada hubungannya dengan jalan cerita yang ada dalam MV. Yang intinya adalah astronot dan paus ini melambangkan lonely, sendiri, kesepian. Gue bahkan sempet baper dan galau waktu baca fakta tentang paus dan astronot ini. Terutama soal si paus. Betapa sepi hidupnya. Dan astronot juga, gue bayangin dua hari tanpa siapapun. Rasanya gue bisa gila. Kemudian tiba-tiba gue juga inget kematian. Astaghfirullah, kenapa jadi kemana-mana.
Karena paus ini juga, EXO jadi di hubung-hubungkan dengan lagu BTS yang Whalien 52. Gue emang belum sempet denger sih lagunya, tapi gue udah search translate lirik nya. Di lagu BTS, mereka intinya mengumpamakan dan menyamakan kesendirian diri mereka dengan kesendirian si paus. Tapi gue nggak akan bahas soal paus ataupun keterkaitan dengan BTS, lebih jauh. Karena udah buanyak banget pembahasan soal dua hal ini dimana-mana. Berikut beberapa artikel yang udah sempet gue baca. Semoga anda nggak baper. Hhh~
EXO SFY 10
“The way you cry the way you smile” dari ketiga vocal line yang dapat part ini, gue paling suka D.O yang nyanyiin lirik ini. rasa western-nya tinggi dan bikin gue inget lagunya Michael Jackson kalo nggak salah. Eh tapi nada “The way you cry the way you smile” ini mirip “We will not go down, in the night without a fight” dari lagu We Will Not Go Down nya Michael Heart. Ini menurut telinga gue sih, waktu lama-lama-lama di denger, kok kayak ngingetin suatu lagu barat yang lagu sedih seinget gua malah kayak orang perang atau kena musibah gitulah intinya. Dan ternyata, beneran. Setelah gue ubek-ubek di koleksi lagu western gue, ketemu Michael Heart We Will Not Go Down.
Yahaaa~ dan gue nemu kemiripan Sing For You dengan We Will Not Go Down, dengan pancingan suara indah universalnya Kyungsoo. Hhh~ I lopyu Kyungsoo Oppa. :D Bukannya apa-apa, saya emang sering merasakan kemiripan dari satu lagu dengan lagu yang lain. Meski cuma dari suasana yang terbangun, dari beberapa melodi dan nadanya saja, membuat saya teringat pada suatu lagu lain. Karena mungkin terpengaruh dari kehidupan saya yang sehari-harinya tidak ada hari tanpa musik. Bisa dibilang saya nggak bermusik-dalam artian denger, nyanyi atau main musik- hanya waktu tidur, bahkan selama perkuliahan pun saya masih sempat bersenandung pelan. Mungkin ada enambelas dari duapuluh empat jam sehari kehidupan saya selalu ada musik mengalun entah darimanapun asalnya.
EXO SFY 11
Dan gue makin CINTA sama Chanyeol, udah pinter mainin alat musik, nge-rapp segala bahasa dari Korea sendiri dan beberapa bait bahasa Inggris, kemudian ke bahasa China, sampai bahasa Jepang. Bisa semua keren, dan ditambah makin ke sini, dia makin banyak menggeluti dunia vocal juga. Suaranya pun meski bass banget tetep merdu dan enak di dengar. Gue sempet mikir juga, apa mungkin Chanyeol punya kondtribusa untuk melodi atau bahkan mungkin dia yang nulis lagu ini. Such a perfect husband material, eh I mean musician hhhh. Baby face tapi badan setinggi tower, ditambah suaranya nge-bass seksi abis. Bikin gue pengen mengumpat-umpat sambil lompat-lompat. Tapi kemudian gue sadar, dan memuja muji tuhan. Bahwa betapa indah dan komplit ciptaan-Nya yang satu ini, Park Chanyeol.
Kemudian gue mulai ngerti kenapa dance Chanyeol nggak berkembang sepesat Chen. karena Chanyeol lebih fokus untuk belajar rapp bahasa China. Yang seharusnya menjadi bagian sang mantan-TaoRis-, Chanyeol harus mengambil alih rapp Chinese juga karena berkurangnya rapper. Kalo dia nggak latihan banyak di rapp lain bahasa Korea, mungkin Chanyeol bisa belajar dance bareng Chen, kan, iya kan.
dan yhaaa~ seperti dugaan gue yang hampir nggak denger suara sehun di lagu ini, karena emang yeh, Sehun Cuma dapat part sedikitt banget. Dalam keseluruhan lagu, bahkan Sehun cuma dapet part individu sebait, satu bait doang. Nggak ada lanjutan. Udah, satu bait men. Dan itupun nadanya standart, mainnya di nada-nada aman. Tapi daripada ngerap di Love Mer Right, bagusa di sini suaranya Sehun. Dan gue justru tertarik dengan suaranya Kai, yang kedengeran halus dan cukup bersih. Mungkin Kai juga akan ikut merambah ke line vocal lebih banyak, seperti yang di lakukan Chanyeol.
Menurut gue, Sing For You ini nada-nada, melodinya cukup sederhana. Tapi yang nyanyiin EXO, gimanapun jadinya tetep classy. Entahlah. Mungkin suara mereka emang udah membawa kesan classy itu sendiri.
EXO SFY 12
Seperti yang gue bilang sebelumnya bahwa visual dan jalan cerita MV, melodi serta lirik dan lagunya itu satu kesatuan yang komplit. Gue nggak cepet bosen nonton dan dengerinnya. Dari MV ini, gue kadang ngerasa ini manis, kadang pait, kadang warm, kadang baper, kadang menikmati aja. Pait mengingat fakta paus dan astronot. Manis melihat astronot dan paus yang sama-sama sendiri akhirnya ketemu. Ah, ini jalan cerita baru ya nggak. Jadi gini,
Di awal MV, ditampilkan astronot yang melayang-layang benar-benar sendirian.
Kemudian tampak kebersamaan member EXO dalam suasana bahagia. Dalam mobil, di lapangan basket, di pub.
Mulai muncul lagi icon kesendirian. Yaitu Kai dalam ruangannya.
Dan setelah kemunculan kesenndirian ini, suasana ramai bahagia di ketiga tempat tadi mulai menghilang satu persatu, masih diiringi dengan kegalauan dalam kesendirian Kai. Meninggalkan kesendirian-kesendirian lain.
Selanjutnya, terungkaplah penyebab hilangnya suasana ceria ramai-ramai itu. Karena perkelahian antar teman diantara mereka. Sehingga mereka menjadi sendiri.
Lalu icon kesendirian lain, muncul yaitu si paus 52hz.
Paus yang kesepian itu menerjang badai salju mencari teman, seperti perjuangan Chanyeol yang berusaha mengakhiri pertikaian dengan Suho. Pertikaian itu hilang, meski dengan lenyapnya salah seorang dari mereka yang meninggalkan kesendirian lain.
Namun akhirnya paus itu bertemu dengan sesama icon kesendirian lain yang tadi sudah muncul di awal yaitu astronot.
Bertemunya paus dan astronot yang tersiksa sendirian ini menjadi awal baru. Bahwa kesendirian mereka telah berakhir dan mereka kembali ceria bersama-sama.
Teman yang dulu bertikai dan sempat pergi meninggalkan kesendirian pun kembali bersama dengan kebahagiaan baru.
Kebahagiaan dalam kebersamaan telah kembali.
Ehem~ gue jadi terharu sendiri dengan pertemuan paus dan astronot lonely ini.
Meski nggak ada reward untuk jumlah view MV ini. Gue suka banget nontonin MV ini.


Comments